Angelina alias Angie Diperiksa Sebagai Saksi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan anggota Dewan Perwakilan Rakyat nonaktif Angelina Sondakh, terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Angelina alias Angie diperiksa sebagai saksi untuk dua tersangka kasus itu.

"Diperiksa sebagai saksi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta, Senin. Dalam kasus Hambalang, KPK telah menetapkan dua tersangka yaitu mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga Deddy Kusdinar. Keduanya diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan penyalahguaan wewenang untuk menguntungkan diri sendiri atau pihak lain, namun justru merugikan keuangan negara.

Adapun Angie memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sekitar pukul 10.30 WIB. Terpidana kasus suap pengurusan anggaran di Kementerian Pendidikan Nasional itu tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta dengan diantar mobil tahanan. Angie diperiksa karena dianggap tahu seputar proyek Hambalang. Dia pernah menjadi anggota Komisi X DPR, mitra kerja Kemenpora. Angie juga pernah mengikuti pertemuan di kantor Menpora awal 2010. Hadir pula dalam pertemuan itu, Menpora Andi Mallarangeng, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin, Ketua Komisi X DPR (sekarang mantan) Mahyuddin, dan Sekretaris Kemenpora (sekarang mantan) Wafid Muharam.

Berdasarkan fakta persidangan kasus suap wisma atlet, pertemuan itu sempat menyinggung masalah sertifikat lahan Hambalang. Saat itu, Nazaruddin menyampaikan kepada Andi bahwa sertifikat lahan Hambalang telah selesai diurus. Atas penyampaian itu, Andi pun mengucapkan terima kasih.

Pengusutan kasus Hambalang ini berawal dari temuan KPK saat menggeledah kantor Grup Permai. Saat itu, KPK mengusut kasus suap wisma atlet SEA Games yang melibatkan Nazaruddin. Dalam perjalanannya, Nazaruddin kerap menuding para kader Partai Demokrat menerima uang dari rekanan Hambalang. Selain Andi, mereka yang disebut menerima uang Hambalang adalah Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Selain memeriksa Angie, KPK hari ini memanggil dua saksi lainnya, yakni Pemasaran PT Adhi Karya Ida Bagus Wirahadi, dan Sekretaris Program PAL Kemenpora Wiyanto Soehardjo.

Anda sedang membaca artikel Angelina alias Angie Diperiksa Sebagai Saksi dan artikel ini url permalinknya adalah http://discbox.blogspot.com/2013/01/angelina-alias-angie-diperiksa-sebagai.html
Semoga artikel Angelina alias Angie Diperiksa Sebagai Saksi ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar